Aung San Suu Kyi Dipindahkan ke Penjara di Ibu Kota Myanmar

- 23 Juni 2022, 19:10 WIB
Aung san Suu Kyi dijatuhi vonis hukuman penjara oleh Pengadilan Myanmar setelah terbukti bersalah dalam kasus korupsi.
Aung san Suu Kyi dijatuhi vonis hukuman penjara oleh Pengadilan Myanmar setelah terbukti bersalah dalam kasus korupsi. /REUTERS/Cathal McNaughton.

PIKIRAN RAKYAT - Aung San Suu Kyi dikabarkan akan dipindahkan dari lokasi penahanannya saat ini ke penjara di ibukota Myanmar.

Aung San Suu Kyi diperkirakan akan hadir di ruang pengadilan penjara untuk semua persidangan ke depan.

Pemimpin Myanmar yang dilengserkan itu, telah ditahan oleh militer sejak tanggal 1 Februari tahun lalu, ketika militer menggulingkan pemerintahannya yang terpilih secara demokratis. Peristiwa ini menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan.

Baca Juga: Sungai Cimeta Bandung Sempat Berwarna Merah Darah, DLH Ungkap Hasil Penelitian Laboratorium

Aung San Suu Kyi telah didakwa dengan setidaknya 20 pelanggaran yang dapat menyebabkan ia menghabiskan sisa hidupnya dalam tahanan, termasuk beberapa tuduhan korupsi, yang masing-masing membawa hukuman maksimal 15 tahun.

Tim kuasa hukumnya telah membantah tuduhan itu, sementara kelompok hak asasi manusia mengutuk kasus tersebut sebagai upaya untuk menyingkirkannya sebagai ancaman politik.

Setelah kudeta tahun lalu, Aung San Suu Kyi awalnya ditahan di kediamannya di Kota Naypyidaw, tetapi ia telah menghabiskan tahun lalu di lokasi yang tidak diketahui.

Baca Juga: Kota Bandung Targetkan Juara Umum Porprov 2022, Berupaya Tebus Kegagalan di Dua Gelaran Sebelumnya

Aung San Suu Kyi dikabarkan ditemani oleh tujuh orang yang juga ditahan, serta seekor anjing yang konon hadiah dari anaknya.

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network