Monday, April 15, 2024
HomeBusinessFakta Deretan IPO Terbesar Untuk Mencoba Main Saham 2023

Fakta Deretan IPO Terbesar Untuk Mencoba Main Saham 2023

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan besar yang memilih untuk melantai di bursa saham melalui proses IPO (Initial Public Offering). Dengan demikian, para investor dan masyarakat umum dapat membeli saham dari perusahaan tersebut dan menjadi pemilik saham. Berikut ini adalah deretan IPO terbesar yang pernah ada. Saudi Aramco Saudi Aramco menjadi IPO terbesar di dunia pada tahun 2019 dengan mengumpulkan dana sebesar $29,4 miliar.

Saudi Aramco adalah perusahaan minyak dan gas asal Arab Saudi yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Melalui proses IPO ini, pemerintah Arab Saudi melepas sekitar 1,5% saham dari perusahaan ini. Alibaba Group Alibaba Group adalah perusahaan teknologi asal Tiongkok yang mengoperasikan platform perdagangan online terbesar di dunia. Pada tahun 2014, Alibaba Group melantai di bursa saham New York dan berhasil mengumpulkan dana sebesar $25 miliar.

Baca juga selengkapnya : Kereta Panoramic Sarana Transportasi Menjanjikan Masa Depan

Saat itu, IPO Alibaba Group menjadi IPO terbesar di dunia hingga saat itu. SoftBank Group Corp. SoftBank Group Corp. adalah perusahaan teknologi dan investasi asal Jepang yang memiliki saham di banyak perusahaan teknologi terkenal seperti Uber, WeWork, dan Alibaba Group. Pada tahun 2018, SoftBank Group Corp. melantai di bursa saham Tokyo dan mengumpulkan dana sebesar $23,5 miliar. IPO SoftBank Group Corp. menjadi IPO terbesar di Jepang dan terbesar kedua di dunia saat itu.

ICBC ICBC (Industrial and Commercial Bank of China) adalah salah satu dari empat bank terbesar di Tiongkok yang memiliki fokus pada perbankan komersial. Pada tahun 2006, ICBC melantai di bursa saham Hong Kong dan Shanghai dan mengumpulkan dana sebesar $21,9 miliar. IPO ICBC menjadi IPO terbesar di dunia hingga saat itu. Itulah deretan IPO terbesar di dunia yang pernah ada.

Deretan IPO Terbesar Perusahaan Lama Lebih Kuat Bersaing

Meskipun jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dalam proses IPO ini sangat besar, namun terkadang harga saham perusahaan yang baru melantai di bursa saham tidak selalu stabil. Sebagai investor, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli saham dari perusahaan yang baru melantai di bursa saham. Pada dasarnya IPO di inginkan oleh banyak perusahaan agar bisa buka saham.

Agricultural Bank of China Agricultural Bank of China adalah salah satu dari empat bank terbesar di Tiongkok yang memiliki fokus pada pertanian dan perdesaan. Pada tahun 2010, Agricultural Bank of China melantai di bursa saham Shanghai dan Hong Kong dan mengumpulkan dana sebesar $22,1 miliar. IPO Agricultural Bank of China menjadi IPO terbesar di dunia hingga saat itu.

Jika kalian mempunyai perusahaan dan ingin membuat lebih maju lebih baik maka tentunya sangat wajib melakukan IPO, oleh karena itu kalian perlu mengetahu syarat dan ketentuan berlaku. Maka sebagai CEO yang baik wajib untuk mengetahui perkembangan perundang – undangan yang telah terjadi pada bisnis di Indonesia. Banyak para pekerja juga yang mengincar perusahaan IPO untuk mendapatkan gaji yang lebih layak.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments