Monday, April 15, 2024
HomeHealthCacar Monyet di Jakarta: 495 Orang dalam Daftar Prioritas

Cacar Monyet di Jakarta: 495 Orang dalam Daftar Prioritas

Cacar Monyet, juga dikenal sebagai Monkeypox, merupakan penyakit zoonosis yang dapat menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Republik Afrika Tengah pada tahun 1970-an dan memiliki gejala mirip cacar biasa. Artikel ini akan membahas situasi Cacar Monyet di Jakarta dan mengapa 495 orang masuk dalam daftar prioritas pemantauan.

Apa Itu Cacar Monyet?

Cacar Monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Monkeypox. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, terutama hewan pengerat. Gejala umum termasuk demam, sakit kepala, lesi kulit yang mirip dengan cacar, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Situasi Cacar Monyet di Jakarta

Pada tahun 2022, Jakarta mengalami wabah Cacar Monyet yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat. Sejumlah orang dilaporkan menderita gejala penyakit ini, yang membuat otoritas kesehatan segera merespons untuk mengendalikan penyebaran penyakit.

495 Orang dalam Daftar Prioritas

Dalam upaya mengendalikan penyebaran Cacar Monyet, otoritas kesehatan Jakarta telah menyusun daftar prioritas yang mencakup 495 orang. Mereka termasuk dalam kategori risiko tinggi dan dipantau secara ketat. Daftar prioritas ini mencakup:

  1. Kontak Dekat: Orang-orang yang memiliki kontak dekat dengan individu yang terinfeksi Cacar Monyet, termasuk anggota keluarga dan petugas kesehatan.
  2. Penggunaan Fasilitas Kesehatan yang Sama: Mereka yang pernah mengunjungi fasilitas kesehatan yang sama dengan pasien Cacar Monyet.
  3. Penggunaan Transportasi Umum yang Sama: Orang-orang yang pernah menggunakan transportasi umum yang sama dengan pasien.
  4. Pasien dan Staf Rumah Sakit: Pasien yang dirawat di rumah sakit yang merawat pasien Cacar Monyet dan staf medis yang merawat pasien tersebut.

Tindakan Pencegahan dan Pengawasan

Otoritas kesehatan Jakarta telah mengambil berbagai tindakan pencegahan, termasuk isolasi pasien yang terinfeksi, pelacakan kontak, dan vaksinasi bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan dan mencegah penyebaran lebih lanjut.

Kesimpulan

Wabah Cacar Monyet di Jakarta telah menjadi perhatian serius bagi otoritas kesehatan. Dengan menyusun daftar prioritas yang mencakup 495 orang, mereka berusaha untuk memantau dan mengendalikan penyebaran penyakit ini. Tindakan pencegahan dan pengawasan yang ketat menjadi kunci dalam mengatasi situasi ini. Semoga langkah-langkah yang diambil oleh pihak berwenang dapat mengendalikan wabah ini dan melindungi kesehatan masyarakat Jakarta.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments