Saturday, July 13, 2024
HomeViralHal-Hal Yang Biasa Dilakukan Pada Saat Lebaran

Hal-Hal Yang Biasa Dilakukan Pada Saat Lebaran

 

Hal Yang Biasa Dilakukan Saat Lebaran
Hal Yang Biasa Dilakukan Saat Lebaran

Lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinanti oleh masyarakat Indonesia. Selain karena merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, Lebaran juga menjadi waktu berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara yang biasanya hanya bisa bertemu sekali dalam setahun berdasarkan Fakta Viral.

Tak hanya itu, pada saat Lebaran, ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai bentuk perayaan dan memeriahkan momen yang spesial ini.

Berikut adalah beberapa hal yang biasa dilakukan pada saat Lebaran:

  1. Mudik ke kampung halaman Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan salah satu tradisi yang sudah menjadi bagian dari perayaan Lebaran di Indonesia. Banyak orang yang rela menempuh perjalanan jauh demi bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman.
  2. Bermaaf-maafan Selain berkumpul dengan keluarga, momen Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk bermaaf-maafan dengan sesama. Tradisi bermaaf-maafan ini menjadi salah satu nilai yang penting dalam Islam dan bisa memperkuat hubungan sosial antarindividu.
  3. Mengenakan pakaian baru Mengenakan pakaian baru pada saat Lebaran sudah menjadi tradisi yang tak bisa dipisahkan. Banyak orang yang merencanakan untuk membeli pakaian baru untuk dirinya dan keluarganya sebagai bentuk perayaan.
  4. Membagikan takjil dan hidangan Lebaran Selain bermaaf-maafan dan berkumpul dengan keluarga, momen Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk berbagi dengan sesama. Banyak orang yang membagikan takjil dan hidangan Lebaran kepada tetangga dan orang-orang yang membutuhkan.
  5. Shalat Idul Fitri Shalat Idul Fitri merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu pada saat Lebaran. Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, umat Muslim merayakan kemenangan dengan melaksanakan shalat Idul Fitri bersama-sama di masjid atau lapangan.
  6. Mengunjungi makam kerabat Mengunjungi makam kerabat juga menjadi tradisi yang biasa dilakukan pada saat Lebaran. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mendoakan dan mengenang kerabat yang telah meninggal dunia.

Baca juga : Pantauan Arus Mudik 2023

Itulah beberapa hal yang biasa dilakukan pada saat Lebaran di Indonesia.

Meskipun tahun ini kita masih harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat akibat pandemi COVID-19, semoga momen Lebaran tetap menjadi momen yang spesial dan dapat mempererat hubungan antarindividu. Selamat merayakan Lebaran!

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Comments are closed.

- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments