Saturday, June 15, 2024
HomePoliticBiodata Jokowidodo, Presiden Republik Indonesia

Biodata Jokowidodo, Presiden Republik Indonesia

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Biodata Jokowidodo, Presiden Republik Indonesia

Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, adalah Presiden Republik Indonesia yang menjabat sejak tahun 2014. Beliau terpilih sebagai Presiden RI setelah memenangkan Pemilu Presiden pada tahun 2014 dengan mengalahkan lawannya, Prabowo Subianto Berdasarkan Fakta Viral.

Biodata Jokowidodo

Jokowi atau Jokowidodo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 21 Juni 1961. Beliau merupakan anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Ayah Jokowi adalah seorang pedagang kayu, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Pendidikan Jokowidodo dimulai di SDN 111 Tirtonirmolo, Solo, dan kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Surakarta. Setelah lulus dari SMP, Jokowi melanjutkan ke SMA Negeri 1 Surakarta. Selama masa sekolah, Jokowi dikenal sebagai seorang siswa yang rajin dan cerdas.

Baca juga : Macam-Macam Politik Di Indonesia Dan Contohnya

Setelah lulus SMA, Jokowi memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Namun, setelah dua semester, Jokowi memutuskan untuk pindah ke Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, di mana beliau lulus dengan gelar Sarjana Teknik.

Karir Jokowidodo dimulai sebagai seorang pengusaha mebel di Solo pada tahun 1980-an. Pada tahun 2005, Jokowi terpilih sebagai Walikota Solo dan berhasil melakukan berbagai inovasi dan reformasi di kota tersebut. Salah satu keberhasilan terbesar Jokowi sebagai Walikota Solo adalah program “Solo Bersih, Hijau, dan Sehat”, yang berhasil memperbaiki lingkungan kota dan kualitas hidup masyarakat.

Pada tahun 2012, Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah mengalahkan lawannya, Fauzi Bowo. Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil memperbaiki berbagai infrastruktur kota, seperti memperbaiki sistem transportasi dan perbaikan jalan. Selain itu, Jokowi juga memperkenalkan berbagai program sosial yang berhasil memperbaiki kesejahteraan masyarakat kota Jakarta.

Pada tahun 2014, Jokowi mencalonkan diri sebagai Presiden RI dan berhasil terpilih setelah mengalahkan lawannya, Prabowo Subianto, dengan perolehan suara sekitar 53%. Sebagai Presiden RI, Jokowi terus memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia dengan melakukan berbagai program dan reformasi, seperti program pemberantasan korupsi, program peningkatan ekonomi, dan program reformasi hukum.

Demikianlah biodata Jokowidodo, Presiden Republik Indonesia.

Beliau adalah sosok yang sangat inspiratif dan berhasil memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia dengan berbagai program dan reformasi yang berhasil dilaksanakan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments