Fenomena Langit Langka Terjadi 5 Planet Akan Terlihat Setiap Pagi dalam Garis Lurus Hingga Akhir Juni 2022

- 24 Juni 2022, 09:15 WIB
Waktu terbaik melihat fenomena 6 planet sejajar
Waktu terbaik melihat fenomena 6 planet sejajar /Tangkap layar TikTok Nasa/

LINGKAR MADIUN- Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus telah berbaris dalam keselarasan langka yang tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2040, menurut AccuWeather .

Meskipun adalah umum untuk melihat beberapa planet bersama -sama pada waktu tertentu, penyelarasan lima planet secara bersamaan adalah fenomena langka yang terakhir terjadi pada tahun 1864 dan tidak akan terjadi lagi selama hampir 20 tahun.

Penjajaran ini paling baik dilihat di pagi hari sekitar satu jam sebelum matahari terbit dan akan tetap seperti itu sampai akhir Juni.

Sejak Juni memiliki matahari terbit lebih awal tahun ini, waktu terbaik untuk melihat keselarasan adalah sebelum jam 5 pagi di langit timur.

Baca Juga: Konser Spesial ‘Road to Kilau Raya 2022’ Kangen Joget Malam Ini, Live dari Madiun, Ada Kejutan Apa Saja?

Meskipun teleskop tidak penting untuk melihat keselarasan, beberapa planet mungkin sulit dikenali dengan mata telanjang seperti Merkurius yang tidak terlihat jelas karena kedekatannya dengan matahari dan mungkin lebih sulit dikenali karena letaknya lebih rendah di cakrawala.

Menurut AccuWeather, planet yang paling mudah dikenali adalah Mars, Jupiter, dan Saturnus karena mereka lebih tinggi di langit dan karenanya tidak terhalang oleh pepohonan dan bangunan.

Sementara Uranus dan Neptunus tidak akan terlihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop dan peta langit akan mengungkapkan dua planet lain di tata surya.

Baca Juga: Pengalaman dan Kemampuan Mantan CEO MU Ini Membantu Tim Kembali Raih Kejayaan?

Menurut Space.com, pada pagi hari Kamis hingga Sabtu, 23-25 ​​Juni, bulan sabit yang memudar akan terletak di antara Mars dan Venus, membuat identifikasi planet lebih mudah bahkan bagi orang yang tidak berpengalaman dalam astronomi.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x