Ini Lafaz Latin Niat Puasa Tasu'a dan Asyura, Ibadah Sunnah Utama Pelebur Dosa

- 6 Agustus 2022, 08:00 WIB
Puasa asyura.
Puasa asyura. /Pixabay/surgull01

PIKIRAN RAKYAT – Pada bulan Agustus 2022 ini, umat muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Tasu’a dan Asyura yang masing-masing jatuh pada tanggal 7 dan 8 Agustus.

Puasa Tasu’a dan Asyura sendiri jatuh pada bulan Muharram di kalender Hijriah. Melaksanakan kedua puasa sunnah tersebut di bulan ini pun akan dipenuhi dengan keberkahan serta kemuliaan.

Beberapa kemuliaan puasa Tasu’a dan Asyura di bulan Hijriah diantaranya; pahalanya sama dengan 30 hari berpuasa dan puasa Asyura dapat menjadi pelebur dosa selama satu tahun yang telah lewat.

Baca Juga: Bonge di Peresmian Situ Rawa Kalong, Cium Tangan dan Catwalk Bareng Ridwan Kamil

Tak hanya itu, puasa Tasu’a dan puasa 11 Muharram dapat dijadikan sebagai pelengkap puasa Asyura yang dapat membedakan umat muslim dari bangsa Yahudi.

Diketahui, pelaksanaan puasa sunnah di bulan Muharram ini merupakan puasa sunnah utama setelah shalat fardhu dan shalat malam.

Oleh karena itu, hikmah puasa Muharram sebagai puasa yang paling utama setelah Ramadhan sangat banyak.

Baca Juga: Tasyi Athasyia Tunggu Klarifikasi dari Tasya Farasya: Aku Gak Tahu Umur Aku Sampe Kapan

Hal tersebut lantaran bulan Muharram merupakan awal tahun Hijriah yang sangat pantas jika dibuka dengan ibadah puasa sunnah yang merupakan amal paling utama.

Sebelum melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyura, ada baiknya umat muslim menyimak terlebih dahulu bagaimana lafaz niat dari kedua puasa sunnah tersebut.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network