Muncul Gambaran Seperti Apa Dunia Jika Pandemi Fiktif, WHO Diperingatkan

- 20 Mei 2022, 12:30 WIB
Sebuah laporan disampaikan kepada WHO telah muncul untuk memperingatkan tentang dunia yang masih belum siap untuk pandemi masa depan.
Sebuah laporan disampaikan kepada WHO telah muncul untuk memperingatkan tentang dunia yang masih belum siap untuk pandemi masa depan. /Pixabay/Cromaconceptovisual

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah laporan yang disampaikan kepada WHO telah muncul untuk memperingatkan tentang dunia yang masih belum siap untuk pandemi masa depan.

Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi, pembuat laporan yang disampaikan kepada WHO itu, menyebut kondisi dunia versi simulasi permainan perang yang melibatkan penyakit cacar monyet.

Para ahli yang tergabung dalam Panel Independen itu, setahun lalu sempat membeberkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan dunia lebih siap terhadap ancaman pandemi lain di masa depan.

Namun ternyata, upaya reformasi global untuk bidang kesehatan ini masih terlalu lambat hingga bisa memunculkan pandemi masa depan secara lebih cepat.

Baca Juga: 'Pengakuan Dosa' George W Bush: Tak Pantas Keputusan Satu Orang Menginvasi Secara Brutal ke Irak

"Jika ada ancaman pandemi baru tahun ini, tahun depan, atau tahun berikutnya, setidaknya, sebagian besar kita akan berada di tempat yang sama seperti pada Desember 2019," ujar Helen Clark, ketua bersama Panel Independen itu.

Lebih lanjut, para pakar menguraikan bagaimana risiko dari kebocoran patogen mematikan yang disimpan di laboratorium.

Ini kemudian diterapkan dalam simulasi permainan tentang melepaskan penyakit cacar monyet yang tahan vaksin cacar ke berbagai belahan dunia.

Skenario simulasi dibayangkan bermain selama 18 bulan, yang menghasilkan 3 miliar orang terinfeksi cacar monyet dan lebih dari 250 juta meninggal.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila

Sumber: Express UK

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network