Ratusan WBP Lapas Kelas IIB Purwodadi Ikuti Tes HIV, Dinkes Grobogan Berikan Edukasi Penting

- 23 Juni 2022, 22:32 WIB
Para warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Purwodadi saat mengikuti tes VCT.
Para warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Purwodadi saat mengikuti tes VCT. /media purwodadi / hana ratri


Media Purwodadi Suasana berbeda terlihat di Lapas Kelas IIB Purwodadi, Kamis 23 Juni 2022. Tepatnya di ruang Aula, pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebanyak 100 warga binaan yang menghuni Lapas Kelas IIB Purwodadi mengikuti tes HIV di Aula. Kegiatan tes HIV ini menyasar pada para WBP karena menjadi salah satu kelompok resiko infeksi HIV.

Sebelum dilaksanakan kegiatan tes, para warga binaan mendapatkan konseling dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Grobogan.

Baca Juga: Kode Redeem Clash of Clans Jumat, 24 Juni 2022: Segera Klaim Kodenya dan Menangkan Permainan Anda

Dalam pemaparannya, Dinkes yang diwakili Sub Koordinator Penanggulangan Penyakit Menular, Gunawan, menjelaskan bahwa jika ditemukan adanya WBP yang positif, maka nama yang bersangkutan tidak akan diumumkan.

Sementara itu, Kasubsi Perawatan Narapidana pada Lapas Kelas IIB Purwodadi, Wahyu Kusriyono Qorim menjelaskan, dari 100 WBP yang menjalankan tes HIV ini, sisanya akan diikutkan pada tes yang dilangsungkan hari lain.

Sebagai informasi, tes yang dipergunakan untuk mengetes seseorang terkena HIV atau tidaknya dinamakan Voluntary Counseling Testing atau VCT.

“Ada 100 orang yang ikut. Nanti, di tahap kedua ada 100 lagi dan sisanya di tahap tiga. Total semua WBP yang berada di Lapas Kelas IIB Purwodadi ini ada 263 orang,” terang Wahyu.

Wahyu menambahkan, jika ada WBP yang positif, Lapas Kelas IIB Purwodadi akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

“Jadi nanti kita akan berkoordinasi, apakah nanti jika ada WBP yang positif dimasukkan ke dalam satu kamar, dipisah, atau sebatas memberikan edukasi pada rekan sekamarnya,” jelas Wahyu.

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x