Nike akan Meninggalkan Rusia Secara Permanen Sebagai Tanggapan Invasi di Ukraina

- 24 Juni 2022, 09:15 WIB
Perusahaan Nike yang akan meninggalkan Rusia atas tindakannya ke Ukraina
Perusahaan Nike yang akan meninggalkan Rusia atas tindakannya ke Ukraina /www.businessinsider

BeritaSampang.com - Nike akan keluar sepenuhnya dari Rusia tiga bulan setelah membekukan operasinya di sana.

Dilansir BeritaSampang.com melalui Reuters, Nike mengatakan pada 3 Maret bahwa mereka akan membekukan sementara operasi di semua toko yang dimiliki Nike di Rusia sebagai tanggapan atas tindakan Moskow di Ukraina, menambahkan bahwa yang masih buka dioperasikan oleh mitra independen.

Pada hari Kamis, ia bergabung dengan merek besar Barat lainnya, seperti McDonald's dan Renault, dalam mengonfirmasi akan meninggalkan negara itu sepenuhnya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar 'Rumah Singgah' dari Fabio Asher

"Nike telah membuat keputusan untuk meninggalkan pasar Rusia. Prioritas kami adalah memastikan kami sepenuhnya mendukung karyawan kami sementara kami secara bertanggung jawab mengurangi operasi kami selama beberapa bulan mendatang," kata Nike.

Perusahaan asing yang ingin keluar dari Rusia karena perang di Ukraina menghadapi prospek undang-undang baru yang akan disahkan dalam beberapa minggu mendatang yang memungkinkan Moskow untuk menyita aset dan menjatuhkan hukuman pidana. Hal itu telah mendorong beberapa bisnis untuk mempercepat keberangkatan mereka.

"Apa yang tadinya hanya tetesan menjadi arus deras (perusahaan Barat keluar dari Rusia)", kata Paul Musgrave, profesor ilmu politik di University of Massachusetts.

Baca Juga: Amerika Serikat akan Menyumbang Tambahan 450 Juta Dolar untuk Ukraina

Pembuat pakaian olahraga lainnya juga telah mundu seperti rival dari Nike, Adidas yang mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka menutup toko-toko di Rusia dan menghentikan penjualan online. Puma juga menghentikan operasinya pada bulan Maret. Reebok menangguhkan penjualan pada bulan Maret dan sedang dalam pembicaraan untuk menjual lebih dari 100 toko ke pengecer sepatu Turki FLO Magazacilik.

Halaman:

Editor: Imron Basuki Rahmat

Sumber: Reuters


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x