Hasil Penelitian Ahli Virologi: Omicron BA4 dan BA5 Lebih Menular, Tapi Gejala Lebih Ringan Dibanding Delta

- 24 Juni 2022, 08:20 WIB
Ahli Virologi  melakukan penelitian terhadap ciri molekuler dari virus Covid-19 varian Omicron subvarian BA4 dan BA5.
Ahli Virologi melakukan penelitian terhadap ciri molekuler dari virus Covid-19 varian Omicron subvarian BA4 dan BA5. /Pixabay/Geralt

PIKIRAN RAKYATAhli Virologi dari Universitas Udayana Bali Prof. I Gusti Ngurah Kade Mahardika melakukan penelitian terhadap ciri molekuler dari virus Covid-19 varian Omicron subvarian BA4 dan BA5.

Kesimpulannya, dia mengatakan bahwa virus Covid-19 yang mulai terdeteksi di Indonesia beberapa pekan terakhir itu kemungkinan lebih menular dibandingkan varian Omicron sebelumnya.

"Kemungkinan memang virus BA4, BA5 ini lebih mudah menular dibandingkan dengan Omicron," ujar Mahardika dalam keterangannya saat berbincang di acara Talkshow "Optimalisasi 3T: Upaya Bendung Gelombang Baru", Kamis.

Namun, di balik sisi keganasan BA4 dan BA5, Guru Besar Universitas Udayana itu mengatakan varian Omicron memiliki risiko gejala yang lebih ringan dibandingkan varian Delta yang menyerang Indonesia pada pertengahan tahun 2021.

Baca Juga: Gambar Fenomena Planet Sejajar Diunggah Warganet, Terlihat Jelas Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus

"Sudah terbukti bahwa Omicron itu memang trennya itu adalah lebih ringan dibandingkan dengan Delta, kecuali pada mereka yang lansia dan komorbid," katanya.

Kemudian, kabar baik lainnya dikatakan Mahardika bahwa masyarakat yang memiliki antibodi alami seperti pernah terpapar Covid-19 ataupun sudah menerima dosis vaksin Covid-19 kemungkinan besar bisa mencegah dari paparan subvarian BA4 dan BA5.

"Antibodi alami oleh Omicron maupun oleh vaksin, itu mestinya efektif terhadap BA4 dan BA5 ini," ucapnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Jumat, 24 Juni 2022.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan juga masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 ataupun yang sudah divaksin masih bisa tertular, sehingga harus tetap menjaga diri agar tidak menjadi sumber penularan bagi orang lain.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network