Vaksin Polio Buatan Biofarma Diganjar Penghargaan Internasional

- 20 Mei 2022, 10:00 WIB
Bio Farma, mendapatkan penghargaan dari dunia internasional, untuk produk novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2).
Bio Farma, mendapatkan penghargaan dari dunia internasional, untuk produk novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). /Istimewa

PIKIRAN RAKYAT - Bio Farma mendapatkan penghargaan dari dunia Internasional, untuk produk novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2).

Penghargaan yang diberikan oleh Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) diberikan atas dedikasi Bio Farma yang berperan aktif untuk percepatan pengembangan dan produksi vaksin nOPV2, sebagai strategy end-game polio di dunia.

Penghargaan ini diberikan di Singapura dalam acara nOPV2 manufacturing and tech transfer summit tanggal 18 Mei 2022 yang dberikan oleh Ajoy Chakrabakti dan diterima oleh Bio Farma yang diwakili oleh SEVP (Senior Executive Vice President) Bio Farma, Adriansjah Azhari.

nOPV2 manufacturing and tech transfer summit dilakukan dalam upaya untuk mencari solusi dan mempercepat peningkatan kapasitas produksi nOPV2 untuk dapat memenuhi kebutuhan global. 

Baca Juga: Survei Pilpres 2024 Indo Riset: Anies Baswedan-Ridwan Kamil Ungguli Ganjar Pranowo-Erick Thohir

Meeting ini dihadiri oleh Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indriati dan Adriansjah Azhari.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat ini sangat serius untuk memberantas wabah polio di dunia, dan diperlukan kolaborasi yang intens antar negara untuk memberantasnya. 

Dilansir dari situs The Global Polio Eradication Initiative (GPEI) mengatakan, saat ini ada dua negara yang masih mengalami endemik penyakit polio yaitu Afganistan dan Pakistan, dan beberapa negara lain yang berpotensi untuk kembali mengalami wabah polio dibeberapa negara seperti di Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Eropa.

Yuliana mengatakan, Indonesia melalui Bio Farma, beserta beberapa entitas global ikut berkontribusi aktif untuk membantu dunia dalam memberantas penyakit Polio. Salah satunya melalui inovasi produk yang dihasilkannya berupa nOPV2 ini.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network