Ada Usulan Soal Wabah PMK, Dedi Mulyadi: Kementan Beli Sapi Terjangkit, Lalu Dimusnahkan

- 14 Mei 2022, 10:50 WIB
Petugas Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang memeriksa kesehatan sapi di salah satu lokasi peternakan di Periuk, Kota Tangerang, Banten, Jumat, 13 Mei 2022 di tengah merebaknya wabah PMK.
Petugas Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang memeriksa kesehatan sapi di salah satu lokasi peternakan di Periuk, Kota Tangerang, Banten, Jumat, 13 Mei 2022 di tengah merebaknya wabah PMK. /Antara/Fauzan

PIKIRAN RAKYAT - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak tengah menghantui masyarakat Indonesia, khususnya para peternak.

Baru-baru ini, ada usulan untuk pemerintah terkait penyebaran PMK di tanah air.

Usulan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi pada Jumat, 13 Mei 2022.

Dalam keterangannya, Dedi Mulyadi meminta pemerintah segera mengatasi wabah PMK yang saat ini belum menjangkiti banyak ternak.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Tuduh Haji Faisal Ingin Uang Asuransi Sebesar Rp530 Juta: Mungkin Pak Faisal yang Meminta

"Saat ini sapi yang terkena PMK belum terlalu banyak, yakni hanya berasal dari ternak di Aceh dan Jatim. Ini harus segera diatasi secepatnya," kata Dedi Mulyadi.

Kemudian, dia pun menyampaikan usulan terhadap pemerintah dalam mengatasi masalah PMK yang menyerang ternak, khususnya sapi

Dia menilai langkah cepat yang bisa dilakukan pemerintah yakni dengan membeli sapi-sapi yang terjangkit PMK dan kemudian memusnahkannya.

"Jadi sebaiknya Kementerian Pertanian (Kementan) membeli sapi yang terkena penyakit PMK. Nah, sapi yang telah dibeli itu, lalu dimusnahkan," katanya.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network