3 Karakter Penting BJ Habibie, Jadi Pelajaran untuk Kita

- 19 Mei 2022, 18:00 WIB
BJ Habibie di Jakarta, 17 Oktober 1997.*/ANTARA
BJ Habibie di Jakarta, 17 Oktober 1997.*/ANTARA /null

Hanya anak bangsa sendirilah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia. Tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain

PIKIRAN RAKYAT - Menyebut nama Habibie, bangsa Indonesia selalu terkenang dengan sosok yang menghadirkan energi positif dengan segala pencapaian dalam hidupnya.

Pribadinya yang hangat memungkinkan setiap orang untuk nyaman berkomunikasi dan berinteraksi baik secara personal maupun dalam konteks profesional, merupakan kunci kesuksesan serta kekuatan jaringan yang dimiliki oleh B.J. Habibie.

Berbagai nilai karakter muncul dari pribadinya yang mencerminkan pelajar pancasila, melalui internalisasi nilai berikut ini :

1. Menjadi yang terbaik

“Dimanapun engkau berada selalulah menjadi yg terbaik dan berikan yang terbaik dari yg bisa kita berikan”, Habibie menegaskan bahwa setiap bidang ilmu dan pekerjaan perlu dilakukan dengan sangat baik, “cintai yang kamu kerjakan, kerjakan yang kamu cintai”, inilah semangat yang sering ditularkan oleh Habibie dalam setiap kesempatannya.

 Baca Juga: Ungkap Masalah Indonesia di Mata BJ Habibie, Melanie Subono: Makanya Negara Kita Dikeruk Mulu

Karakter nasionalisme serta nilai kreatif dan kritis sebagai pelajar pancasila nya ditularkan pada PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio (saat ini PT. Dirgantara Indonesia) yang dijadikan core value oleh PT. Dirgantara Indonesia untuk dipraktekkan oleh pimpinan dan karyawan, diantaranya:

(1) Loyalitas, Habibie menekankan bahwa setiap individu perlu memiliki komitmen dalam setiap bidang yang digelutinya agar dapat memiliki visi yang jelas dalam setiap ilmu dan bidang yang dikuasainya;

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network