Sempat Viral Bakso di Karawang Diduga Gunakan Daging Tikus, Polisi Ungkap Fakta Sebenarnya

- 14 Mei 2022, 11:10 WIB
Polres Karawang menegaskan bakso yang tengah heboh di medsos tak mengandung daging tikus.
Polres Karawang menegaskan bakso yang tengah heboh di medsos tak mengandung daging tikus. /Tangkap layar Instagram.com/@viralkak

PIKIRAN RAKYAT - Polres Karawang, Jawa Barat mengungkap fakta terkait hebohnya video bakso yang diduga menggunakan daging tikus.

Sebelumnya, beredar sebuah video viral yang memperlihatkan potongan bakso yang disebut-sebut menggunakan daging tikus.

Dalam video yang diunggah di media sosial TikTok @leogirl631, pengguna memperlihatkan potongan bakso yang di dalamnya terdapat benda lancip menyerupai ekor tikus.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono kemudian menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan demi mencari tahu kebenaran video viral bakso yang diketahui berada di wilayah Kabupaten Karawang. 

Baca Juga: Ketegasan Jokowi di KTT ASEAN-AS: Hentikan Perang di Ukraina, Tidak Menguntungkan Siapa pun

"Mengetahui hal tersebut kita lakukan profiling dan pemeriksaan terhadap pembuat konten serta mengamankan bakso yang dibeli oleh pembuat konten," katanya pada Jumat, 13 Mei 2022.

Selain itu, Polres Karawang bersama tim juga mendatangi tempat penjual bakso dan melakukan uji laboratorium terhadap bakso yang diduga menggunakan bahan daging tikus tersebut.

 

Berdasarkan hasil uji laboratorium Kementerian Pertanian (Kementan) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehtaan Hewan Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan dengan nomor seri 313 Nomor 0244/A/LHU/F5.A/05.22 menyatakan bahwa sampel bakso tersebut dinyatakan NEGATIF daging tikus dan positif daging sapi.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: Tribata Karawang Instagram @humasreskrw

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network