Profesor Zubairi Djoerban Beberkan Penularan Hepatitis Misterius dan Gejalanya yang Menyerang Pada Anak

- 14 Mei 2022, 06:55 WIB
Ilustrasi virus - Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan terkait penularan yang bisa dilakukan oleh hepatitis misterius kepada anak-anak.
Ilustrasi virus - Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan terkait penularan yang bisa dilakukan oleh hepatitis misterius kepada anak-anak. /Pixabay/BlenderTimer

 

PIKIRAN RAKYAT- Penyakit hepatitis misterius saat atau hepatitis akut saat ini ramai diperbincangkan lantaran rentan menyerang anak-anak.

Hepatitis misterius yang awal mula ditemukan di Negara Inggris, rupanya sudah memakan korban jiwa anak-anak di Indonesia.

Kali ini Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban membahas hepatitis misterius dalam acara PRMN Talk.

Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan terkait penularan yang bisa dilakukan oleh hepatitis misterius kepada anak-anak.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Hepatitis Akut, KPAI Minta Kebijakan Kantin Sekolah Dievaluasi

Menurutnya hepatitis misterius ini tidak jauh beda penularannya dengan hepatitis A yaitu menularkan melalui oral fekal.

"Kalo hepatitis A itu oral fekal, jadi melalui makanan minuman, yang terkontaminasi dan menularkan melalui feses yang terkontaminasi yang misalnya sembarangan buang air besarnya," ujar Profesor Zubairi Djoerban.

Profesor Zubairi Djoerban juga menyebutkan jika penularan melalui oral fekal diantaranya yaitu melalui mulut.

"Jadi khusus yang penyakit baru ini misteri baru ini sebagian besar kelihatannya melalui oral fekal. Jadi melalui mulut makanan minuman," ujarnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui YouTube Pikiran Rakyat, Jumat, 13 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network