Tak Sulit, Lakukan Hal Ini agar Kantongi Izin Cover Lagu

- 20 Mei 2022, 11:26 WIB
Ilustrasi musik.
Ilustrasi musik. /Pixabay.com/stevepb

PIKIRAN RAKYAT - Belum lama ini persoalan hukum cover lagu mencuat dengan menyeret nama PT Nagaswara terkait lagu 'Lagi Syantik' yang dipopulerkan Siti Badriah.

Lantas, apakah kasus hukum tersebut buat aktivitas cover lagu yang diunggah di media sosial menjadi sesuatu yang horor? Jawabannya tidak!

Menyikapi dan merespons kesulitan dari para kreator untuk mengcover lagu, PAMPI bekerjasama dengan suatu platform yang bernama Festival Suara.

Platform ini adalah suatu wadah perizinan. Para anggota PAMPI akan mengunggah katalog lagu-lagu yang dikelola olehnya ke platform Festival Suara, sehingga para kreator dapat memilih lagu-lagu mana yang akan dinyanyikan ulang/cover.

“Simplenya, satu kali daftar atau satu kali pilih, itu semua publishing katalog lagunya bisa dicover. Bisa daftar pakai hape juga secara online," ujar CEO Festival Suara, Bagus Trisakti.

"Nggak repot-repot. Di kita sekarang udah ada 12 publishing, dan akan masuk total sebanyak 22 publishing. Sementara, jumlah katalog lagunya sekitar 13 ribu lebih. Ke depan kita harapkan lebih dari 25 ribuan lagu,” tutur Bagus.***

Editor: Ari Nursanti


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network